BERTUMBUH SEPERTI POHON KORMA (Mazmur 92: 13a)

Suatu tanaman yang mendapatkan pemeliharaan yang baik dan benar akan mengalami pertumbuhan yang baik, sehat dan bermanfaat. Sebaliknya, suatu tanaman yang tidak dipelihara dengan baik dan benar, akan menjadi tanaman yang kerdil dan tidak memberikan manfaat. Oleh karena itu, sesuatu yang dilakukan dengan cara yang baik dan benar akan menghasilkan yang baik dan benar serta bermanfaat.

Melalui firman Tuhan ini, Tuhan kembali mengingatkan kita betapa pentingnya hidup sebagai orang benar. Pada ayat 13a dikatakan: ”Orang benar akan bertunas seperti pohon korma.” Orang benar adalah orang yang hidup sesuai dengan standar moral atau etika. Bagi orang Kristen, standar moral atau etika adalah firman Allah. Oleh karena itu, orang benar yang dimaksud dalam teks firman Tuhan ini adalah orang yang hidup sesuai dengan kebenaran firman Allah. Kehidupan orang benar dapat dilihat dari kehidupannya sehari-hari, seperti bertindak dengan adil, mencintai kedamaian dan hal-hal yang bermanfaat bagi sesamanya. Lalu, seperti apakah pohon korma itu sehingga menjadi suatu perbandingan orang benar? Pada masa Perjanjian Lama, pohon korma merupakan salah satu pohon yang terdapat di daerah Timur Tengah. Pohon ini sangat tinggi, memiliki akar yang panjang dan kuat, serta memiliki banyak manfaat, antara lain: tempat berteduh (Kel. 15: 27), bahan bangunan (Neh. 8: 15), dan diukir di dinding Bait Suci (1Raj. 6: 29). Oleh karena itu, seperti halnya pohon korma, orang benar akan berakar dan bertumbuh dalam iman kepada Tuhan serta kehidupannya menjadi berkat bagi orang lain.

Sepanjang perjalanan kehidupan kita, sudahkah kita hidup sebagai orang benar? Sudahkah kita berakar dan bertumbuh di dalam Tuhan? Sudahkah kehadiran kita di dunia ini menjadi berkat bagi orang lain? Jika kita yakin bahwa kita sudah hidup sebagai orang benar, maka yang perlu kita lakukan adalah “terus hidup sebagai orang benar.” Tetapi, jika belum, maka yang perlu kita lakukan adalah “menjadi orang benar”. -IJ-

KOMITMEN

Berakar dan bertumbuh di dalam Tuhan

serta menjadi berkat bagi sesama.”

2 Comments

2 thoughts on “BERTUMBUH SEPERTI POHON KORMA (Mazmur 92: 13a)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s